Sep 17

Kali ini, saya akan membahas tentang tahap ke-2 FEP, yang dinamakan Academic Orientation (AO). Setelah mahasiswa baru menjalani General Orientation (GO) & inaugrasi (pelantikan mahasiswa baru), mahasiswa akan mendapatkan AO, berupa simulasi kuliah & pemberian informasi yang lebih detil saat kuliah.

Tanggal 6 September 2016, kami berkumpul di ruangan A0901-03. Itu adalah ruangan yang memuat 1 angkatan IT (khusus yang TOEFL di atas 500). Pembicara pertama adalah Pak Bayu. Dia mengajarkan kami tentang algoritma & cara berpikir komputer. Dia member contoh cara menulis algoritma, lalu dia member beberapa contoh soal. Sesi berikutnya diisi Pak Nicholas. Pak Nicholas mengingatkan para mahasiswa akan perjuangan di IT. Dia mengingatkan agar kita bersungguh-sungguh & tidak merasa “salah jurusan”, karena itu akan berdampak burut bagi kami.

Setelah istirahat, kami berkumpul lagi pukul 13:20. Dosen berikutnya adlah Pak Taufiq Zulfikar. Dia mengajarkan kami tentang cara belajar di perkuliahan, yang tentunya berbeda dari SMA. Dia juga menjelaskan pentingnya text book (buku cetak) untuk kami belajar. Text book yang ada semuanya berbahasa Inggris. Beliau mengajarkan pula 2 teknik mencatat, yaitu ada Cornel Method & Mind Map®.

Cornel Method adalah cara mencatat dengan membagi 2 kertas, di mana kolom yang kiri lebih sempit dari kolom yang kanan, gunanya untuk mencatat kata kunci (keypoints), sedangkan kolom yang kanan gunanya untuk mencatat secara keseluruhan materi. Sedangkan Mind Map adalah metode untuk menulis ide pokok di tengah kertas, kemudian membuat cabang yang berisi ide / penjelasan dari ide pokok.

Beliau juga mengajarkan teknik skimming & scanning untuk membaca cepat pada buku. Skimming adalah membaca gagasan utama tiap halaman, sedangkan scanning adalah metode untuk mencari informasi spesifik. Ada juga cara membaca dengan S-RUN-R, yaitu Skim-Read-Underline-Notetaking-Review. Di akhir sesi, beliau member tugas berupa Assesment 1, yaitu menulis laporan tentang General Orientation, Academic Orientation, Organizational Skill, acara HIMTI Togetherness & Top Performance, dan Program Kreativitas Mahasiswa – Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Tanggal 8 September 2016, kami masuk ke ruangan A0807 pada pukul 11:20. Kami bertemu dengan Pak Dr. Diaz Santika. Beliau lulusan ITB jurusan teknik fisika. Beliau menjadi Academic Advisor (penasehat akademik) kami selama 1 semester ini. Beliau juga mengajar S1 tentang Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) & S2 di Kemanggisan. Beliau bercerita tentang mahasiswa-mahasiswi yang tidur di kelas & membuat dia sedih. Lalu, dia menerangkan sedikit tentang salah 1 mata kuliah AI, yaitu Computer Vision. Dia menunjukkan kemampuan komputer dalam “melihat” (mengolah citra).

Dua sesi berikutnya dihabiskan bersama Pak Nicholas. Kami diajarkan tentang pseudocode (secara harafiah, bahasa semu. Dari kata pseudo = semu (Latin) & code = kode (Inggris)). Beliau menjelaskan dengan runtut tentang asal-usul pseudocode, cara mentranslate algoritma ke pesudocode, notasi-notasi / tata cara umum penulisannya. Jadi, di pseudocode, untuk membaca input user, digunakan READ, untuk mencetak / menampilkan tulisan digunakan PRINT. Untuk FOR (perulangan), tidak sama dengan bahasa C++, melainkan digunakan FOR secara umum, yaitu menyebut range angka. Namun sayangnya, kami belum sempat diajarkan mengenai flowchart. Kami juga diajarkan tentang Truth Table (Tabel Kebenaran).

Tanggal 9 September, kami ada 2 sesi. Sesi yang pertama adalah pengenalan tentang guru-guru besar, dekan, dan pengurus dari School of Computer Science di Binus. Ada Pak Fredy Purnomo dan kawan-kawan. lalu, kami juga dijelaskan tentang kurikulum S1 Teknik Informatika. Ada penjurusan pada semester 4 & pemilihan proyek pada semester 5 & 6 (sebagai bagian dari 3+1 punya Binus). Di akhir acara, ada staf laboratorium komputer yang mempromosikan 2 komunitas tim lomba di Binus, yaitu Binus Jollybee (tim programming) & Ureeka (game design). Ada juga kakak kelas dari Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) yang menjelaskan tentang himpunan mereka, serta ada acara-acara yang HIMTI selenggarakan, seperti Hiesta & Hexion.

Tanggal 13 September, kami latihan di lab komputer (A1507). Kami belajar tentang Microsoft Visual C++ & penerapan-penerapan dari pseudocode. Kami belajar mulai dari fungsi pertama yaitu #include <stdio.h> yang diikuti oleh int main(). Lalu, kami belajar menampilkan tulisan “Hello world”. Setelah itu, kami diajarkan tentang operasi aritmetik (tambah, kurang, kali, bagi), seleksi, dan perulangan. Kami juga diberi informasi tentang ujian pada tanggal 15.

Tanggal 14 September, kami diberikan materi tentang Introduction to Information Technology (Pengantar Teknologi Informasi). Kami dijelaskan tentang keberadaan komputer di hidup kita, manfaat & mudarat penggunaan komputer, lalu kami diajarkan tentang teknologi-teknologi terbaru komputer. Kami diajarkan pula tentang input, process, dan output dari sebuah komputer. Pada akhir sesi, karena masih ada sisa waktu, kami bertanya materi untuk ujian keesokan harinya.

Tanggal 15, kami masuk pukul 13:20. Kami berkumpul di lantai 14 sebelum memasuki ruang lab untuk ujian. Saya mendapat ruang A1407. Ada 4 pertanyaan dalam ujian praktik & 2 pertanyaan essay (uraian). Kami disuruh untuk mengerjakan uraian terlebih dahulu. Uraian terdiri dari 2 pertanyaan. Nomor 1 adalah jelaskan tentang input, process, dan output. Nomor 2 adalah jelaskan tentang teknologi masa depan apa yang akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Untuk nomor 2, saya menjawab bahwa Virtual Reality (VR) & Artificial Intelligence (AI) akan dibutuhkan manusia. Sedangkan untuk praktik, ada 4 kasus yang harus diselesaikan. Say berhasil dalam 4 kasus itu.

Selanjutnya, kami ke ruangan A0504. Kami bertemu Ibu Yeni Mukti, ketua bidang Global Employability & Entrepreneurship Center (GEEC) Binus. Kantornya ada di basement, bersama dengan parkiran motor & mobil dosen. Beliau bercerita banyak tentang karir pribadinya. Lalu, beliau juga bercerita tentang beberapa kakak kelas yang inspiratif.

Leave a Reply