Sep 11

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) Binus University mengadakan acara untuk para mahasiswa baru yang tergabung dalam School of Computer Science (SOCS). Acara yang dimaksud adalah acara penyambutan mahasiswa baru (welcoming party) bernama HIMTI Togetherness & Top Performance (HTTP) 2016 yang bertemakan Passion, Innovation, and Togetherness. HTTP 2016 dilaksanakan di Gedung BPPT II, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Untuk ikut acara ini, mahasiswa bisa mendaftar di stand HIMTI pada saat Expo maupun dari website http.himti.org. Biayanya Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah). Namun ada banyak hal yang akan didapatkan, yaitu Pelatihan Bahasa C (PBC), HIMTI Exclusive Pin, merchandise, HIMTI Kit, makan siang, e-certificate, dan kaos HTTP 2016. Untuk mahasiswa Alam Sutera, disediakan bus pada pukul 6 pagi, sedangkan untuk mahasiswa Kampus Kemanggisan, disediakan bus pada pukul 06.30 & 07.45.

Salah satu benefit (keuntungan) ikut HTTP 2016 adalah acara Pelatihan Bahasa C (PBC). Staff pengajarnya adalah dari CourseNet, lembaga pelatihan programming yang didirikan anak Binus & berlokasi di Gading Serpong. Saya ikut PBC pada tanggal 29 Agustus 2016, pukul 09.00 WIB. Kami diberikan fotokopian tentang Bahasa C. Selain itu, kakak pengajarnya juga menjelaskan dengan runtut tentang programming, sehingga kami jadi nyaman.

Tanggal 10 September 2016, HTTP 2016 dimulai. Pada saat kami datang, kami menuju lantai 2. Ada beberapa pameran (IT Showcase), yaitu pameran permainan-permainan computer yang dibuat mahasiswa-mahasiswi Binus. Setelah masuk auditorium, kami menonton film Zootopia sembari menunggu pesertanya lengkap semua.

Acara HTTP 2016 dimulai dengan sedikit pertunjukan robotic dari kakak kelas kami yang menggunakan maskot. Lalu, ada penampilan dari Peanut Butter Band yang isinya berasal dari kelas BAS 02. Mereka membawakan beberapa lagu pembuka.

Pembukaan

Pembukaan

Setelah itu, ada sambutan dari Ketua Panitia HTTP 2016. Ketua Panitia HTTP berterima kasih atas partisipasi dari mahasiswa-mahasiswi yang datang ke acara ini. Sambutan juga datang dari Ketua HIMTI Kemanggisan. Ketua HIMTI Kemanggisan berharap agar momen ini dapat dikenang bahkan saat kita lulus. Dia juga berharap agar kita mendapatkan sesuatu ketika pulang dari acara ini. Ketua HIMTI Alam Sutera juga berterima kasih atas kehadiran kami para mahasiswa baru di sini.

Sambutan dari Ketua HIMTI Kemanggisan

Sambutan dari Ketua HIMTI Kemanggisan

Sambutan dari Ketua HIMTI Alam Sutera

Sambutan dari Ketua HIMTI Alam Sutera

Dekan School of Computer Science, Bapak Fredy Purnomo, S.Kom, M.Kom, juga memberikan sambutan. Beliau memperkenalkan seluruh pimpinan jurusan School of Computer Science. Lalu, masing-masing pimpinan memberikan perkenalan. Selain itu, mereka memberi semangat untuk kami agar dapat memberikan karya-karya nyata yang dapat dilihat & dimanfaatkan masyarakat. Bapak dekan juga menekankan tentang prestasi mahasiswa.

Pihak rektorat yang diwakili oleh Bapak Andreas Chang, M.BA, juga memberikan kata sambutan dalam bentuk video. Beliau menyampaikan agar kita tidak menyontek saat ujian. Beliau juga menyampaikan 6 kunci sukses, yaitu stamina, fokus, sensitif (peka) terhadap lingkungan & tuntutan, fleksibel, kemampuan mentoleransi konflik, dan menekan ego pribadi.

Setelah itu, ada penampilan dari Adam Sidqon yang membawakan beberapa lagu. Lalu, ada permainan sambung kata, di mana peserta harus mengatakan sebuah kata yang merupakan sambungan dari kata-kata sebelumnya.

Penampilan dari Adam Sidqon

Penampilan dari Adam Sidqon

Permainan Sambung Kata

Permainan Sambung Kata

Akhirnya, kita makan siang pukul 11. Makan siang kami adalah nasi & ayam. Lalu, setelah makan, kami diperbolehkan kembali melihat IT Showcase & stand-stand makanan. Saya sempat mencoba Virtual Reality (VR).

Setelah acara dimulai kembali, ada talkshow yaitu Improving Passion & Creating Creative Innovation. Itu adalah talkshow di mana narasumbernya adalah alumni Binus. Salah 1-nya adalah pembuat robot Bimax, Christian Tanuwijaya. Setalh talkshow selesai, ada pemberian penghargaan berupa plakat kepada dari Ketua HIMTI alumni-alumni ini.

Pemberian Plakat

Pemberian Plakat

Agar para mahasiswa tidak bosan, ada game lagi. Kali ini, permainannya adalah “Timpok Catcher”, di mana ada tim yang beranggotakan 2 orang. Salah 1 orang melempar bola ping-pong, lalu temannya berusaha menangkap bolanya dalam gulungan kardus yang dipasang di kepala. Pemenangnya adalah teman saya, Malvin Santoso.

Sebelum bermain Timpok Catcher

Sebelum bermain Timpok Catcher

Setelah itu, ada drama “Visualisasi” yang menunjukkan kehidupan para aktivis HIMTI. Dramanya bercerita tentang sekumpulan mahasiswa baru yang sibuk mengurus acara HIMTI yaitu Hexion, namun sang ketua yang perfeksionis mengecewakan anak buahnya. Lalu, dia bekerja sendiri, namun akhirnya dia jatuh sakit. Dia diingatkan kakak kelas bahwa kerja itu harus dalam 1 tim. Akhirnya, mereka semua kembali berteman.

Drama Visualisasi

Drama Visualisasi

Setelah itu, ada istirahat selama 1 jam. Kami keluar sembari kakak kelas menata ruang dalam auditorium.

Setelah istirahat selesai, kursi sudah disingkirkan semua, sudah dipersiapkan untuk pesta DJ. Namun, penampilan pertama setelah istirahat adalah grup Revolution. Mereka membawakan beberapa tarian, yang disambut antusias oleh para mahasiswa.

Revolution Dance

Revolution Dance

Setelah modern dance, ada grup band bernama Vibing High. Mereka membawakan beberapa lagu, di antaranya adalah Happy & Uptown Funk. Mereka juga berterima kasih kepada kami atas partisipasi & kemeriahannya.

Vibing High

Vibing High

Lalu, yang ditunggu-tunggu pun datang. DJ Angello me-remix beberapa lagu Electro Dance Music (EDM). Beberapa lagu itu adalah Lean On, Clarity, Roses, dan Beautiful Now. Para mahasiswa tampak bersenang-senang, sedangkan saya dan beberapa teman mundur ke belakang agar tidak capek.

DJ Angello

DJ Angello

Saat pulang, kami dibagikan goodie bag, HIMTI Kit, dan HIMTI T-shirt. Lalu, kami pulang menggunakan bus ke Alam Sutera.

Leave a Reply